KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Workshop Pengembangan Wirausaha Petani

Diposting     Selasa, 22 Juni 2021 09:06 am    Oleh    ditjenbun



Bogor – Senin (21/06) telah berlangsung workshop pengembangan wirausaha petani yang bertempat di ruang meeting Padjadjaran Hotel Salak Heritage Bogor. Workshop yang diselenggarakan oleh Ditjen Perkebunan ini merupakan lanjutan dari Bimbingan Teknis peningkatan kapabilitas petani binaan Ditjen Perkebunaan dalam Industri Digital Pertanian 4.0 (7/4/2021) dan dilaksanakan dengan memenuhi protocol kesehatan serta telah mendapat ijin tertulis dari Satgas Covid-19 wilayah Kota Bogor.

Workshop pengembangan wirausaha petani menghadirkan pembicara Rosady. T. A. Montol yang merupakan praktisi kewirausahaan yang berpengalaman dalam hal analisis kredit perbankan. Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari internal Ditjen Perkebunan tetapi juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan dari berbagai provinsi terkait serta perwakilan dari Kolompok Tani binaan Ditjen Perkebunan. Para peserta menunjukkan antusiasme positif karena disuguhkan materi yang berkaitan erat dengan wirausaha pertaniannya, terutama yang sering didiskusikan mengenai wirausaha komoditas kopi dan kakao.

Workshop dibagi menjadi 2 hari, pada hari pertama disampaikan pemaparan mengenai pengenalan wirausaha pertanian, konsep dan motivasi wirausaha serta inovasi dalam membangun wirausaha pertanian. Sementara pada hari kedua materi yang disampaikan yaitu mengenai bentuk-bentuk perusahaan, analisa peluang usaha pertanian, manajemen permodalan, dan strategi pengelolaan keuangan. Setelahnya diharapkan petani binaan Ditjen Perkebunan lebih mampu lagi beradaptasi dan berinovasi di masa pandemi serta memiliki mental wirausaha yang kuat. (bas-canbun)


Bagikan Artikel Ini  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *