KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

”Berkat Dukungan Pimpinan” Ditjen Perkebunan Meraih Juara II Lomba Web Lingkup Kementerian Perta.

Diposting     Jumat, 19 Agustus 2011 11:08 pm    Oleh    ditjenbun



Sudah berturut-turut dalam dua tahun yaitu 2009 dan 2010 Ditjen Perkebunan mendapatkan peringkat pada lomba situs web yang diselenggarakan Kementerian Pertanian. Selain itu pada Tahun 2009 juga memperoleh penghargaan sebagai website terbaik tingkat Eselon I/Direktorat  Jenderal atas penilaian Warta Ekonomi. Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 3615 /Kpts/OT.140/8/2011 tentang Penetapan Pemenang Lomba Situs Web Kementerian Pertanian Tahun 2011 Ditjen Perkebunan meraih juara II atau mengalami peningkatan dari juara III pada Tahun 2010 menjadi juara II Tahun 2011. Hal tersebut dapat dicapai karena adanya kerjasama sinergis diantara Tim website Ditjen Perkebunan yang saling mendukung, saling koreksi dan berbagi pengalaman secara periodik. Disamping dukungan dari pimpinan Ditjen Perkebunan.

Sesuai Keputusan Ditjen perkebunan Nomor 67/Kpts/TU.310/3/2011 Penanggung jawab Website Ditjen Perkebunan adalah Dirjen Perkebunan, Ir Gamal Nasir, MS, sebagai Redaktur seluruh Eselon II, dan masing-masing Redaktur secara otonomi dibantu oleh Editor (Eselon III) dan seorang Admin untuk mengelola website sehari-hari. Selain Tim website yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Web ini, secara tugas pokok dan fungsi untuk mengelola sehari-hari dilaksanakan oleh Sekretaris Ditjen Perkebunan, Ir. Mukti Sardjono, M.Sc dibantu oleh Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan yang dipegang oleh Ir. Bambang Sad Juga, M.Sc. Pada Bagian Evaluasi dan Pelaporan ini terdapat 3 (tiga) orang Pranata Komputer dan 3 (tiga) orang Statistisi, yang bertugas mengupdate dan menampilkan informasi tentang perkebunan.

Sejak tahun anggaran 2011, Ditjen Perkebunan mulai merubah tampilan Web. Hal ini dilakukan bukan hanya sekedar akan dinilai karena akan diselenggarakan lomba situs web tingkat Kementerian Pertanian pada bulan Juli, tetapi karena tuntutan kebutuhan para user data dan informasi seputar perkebunan, baik data maupun program yang dilaksanakan Ditjen Perkebunan. Banyak sekali masyarakat luas, baik individu maupun institusi, dalam dan luar Kementerian Pertanian sangat membutuhkan informasi tentang perkebunan. Informasi yang banyak dibutuhkan adalah tentang data mikro (luas areal, produksi, produktivitas), data makro (harga, PDB/PDBR, ekspor, impor, NTP, penyerapan tenaga kerja) dan program pembangunan perkebunan serta agenda kegiatan dan program Direktorat Jenderal Perkebunan.

Tampilan 2011 dirancang untuk memudahkan user dalam mengakses web, seperti izin, revitalisasi gula, luas dan produksi, rekomtek dan ekspor-impor yang didukung dengan translation dengan berbagai bahasa

Ada 15 komoditas unggulan Direktorat Jenderal Perkebunan dan 22 komoditas spesifik daerah yang sudah disusun dalam bentuk Buku Statistik Perkebunan. Data dan informasi inilah yang sangat dibutuhkan masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Secara series, data ini telah ditampilkan dalam website Ditjen Perkebunan dan ke depan secara bertahap informasi tersebut akan dilengkapi dan disempurnakan sesuai kebutuhan masyarakat.

Secara periodik Dirjen Perkebunan selalu mengingatkan para Redaktur untuk selalu mengupdate dan dapat memberikan pelayanan kepada publik tentang informasi perkebunan, terutama dalam hal merespon pertanyaan, himbauan dan saran yang ada dalam menu Forum Konsultasi. ” Orang bertanya karena ingin tahu, kita wajib menjawab dan memberikan informasi sebaik-baiknya, karena itu merupakan bentuk pelayanan kita kepada masyarakat ”, pesan Dirjen Perkebunan.(ddh)


Bagikan Artikel Ini