KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

AKSELERASI GRATIEKS KOMODITAS PERKEBUNAN

Diposting     Rabu, 08 Januari 2020 05:01 pm    Oleh    ditjenbun



JAKARTA – Kontribusi komoditas perkebunan sebagai penyumbang penerimaan negara dari sektor non migas tak dapat dipungkiri sangatlah besar apalagi turut berkontribusi positif dalam pembantukan neraca perdagangan komoditas pertanian. Data BPS, 2018 menunjukkan komoditas perkebunan berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar Rp 489,25 Triliun, dengan nilai ekspor mencapai 27,9 milyar USD atau Rp 402,6 Triliun. Selain itu berkontribusi sebesar 97,4% dari sisi volume terhadap total volume ekspor komoditas pertanian tahun 2018 dan berkontribusi sebesar 96,9% dari sisi nilai terhadap total nilai ekspor komoditas pertanian tahun 2018.

Kebijakan strategis Kementerian Pertanian 5 tahun mendatang antara lain adalah akselerasi peningkatan besaran (volume dan atau nilai) ekspor produk perkebunan dan turunannya menjadi 3 kali lipat dari kondisi eksisting saat ini atau disingkat Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor). Kebijakan Gratieks ini ditetapkan pada hakikatnya dalam rangka memperebutkan dan memenangkan pasar ekspor dunia baik kaitannya dengan daya saing maupun akses pasarnya. Selain mengejar kuantitas 3 kali lipat juga, didorong peningkatan Mutu produk, konsistensi dan kontinuitasnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh kurang lebih 200 orang yang terdiri 155 orang dari pimpinan perusahaan dan eksportir, 25 orang dari Dewan Komoditas Perkebunan dan Asosiasi Pengusaha/ Eksportir perkebunan serta masing-masing eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian. Perusahaan yang hadir antara lain 26 perusahaan sawit, 13 perusahaan kopi, 10 perusahaan kakao, 12 perusahaan kelapa, 18 perusahaan karet, 18 perusahaan rempah, 7 perusahaan minyak atsiri, 2 perusahaan mete dan perusahaan komoditas perkebunan lainnya.

Pertemuan ini juga akan dihadirkan pembicara antara lain Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Investasi, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri dan Prof. Imam sebagai pembahas yang akan memberikan masukan terkait kebijakan, program dan strategi pemerintah dalam Gratieks ini. Selanjutnya, diakhir acara akan dilakukan penandantanganan Nota Komitmen dari para pelaku usaha/ perusahaan/ eksportir tentang Akselerasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Komoditas Perkebunan. Diharapkan dari Nota Komitmen tersebut menjadi dorongan besar untuk akselerasi Gratieks sekaligus penanda komitmen dan kolaborasi pemerintah dan dunia usaha dalam peningkatan ekspor perkebunan 3 kali lipat selama 5 tahun mendatang.


Bagikan Artikel Ini  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *