KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Kembali Lakukan Tanam, Irpom Berhasil Cegah Gagal Tanam Dimusim Kemarau

Diposting     Selasa, 17 September 2024 10:09 am    Oleh    ditjenbun



Banten – Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto selaku PJ PAT Banten meninjau kegiatan tanam di Kelompok Tani (Poktan) Jabon Adiasa Mandiri, Desa Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, guna melihat optimalisasi bantuan Irigasi Perpompaam (irpom) pada kegiatan tanam saat musim kemarau, Senin (16/9).

Ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pengolahan lahan yang siap tanam dimusim kemarau untuk meningkatkan produksi secara maksimal.

Kegiatan monitoring ini merupakan kelanjutan dari proses penyaluran bantuan irigasi perpompaan guna meninjau perkembangan pemanfaatannya dimusim kemarau dalam rangka meningkatkan proses tanam.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu menegaskan untuk memperkuat dan meningkatkan indeks pertanaman dari yang tadinya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun. Dengan begitu, kita akan mampu mencapai swasembada hingga menjadi lumbung pangan dunia.

Monitoring yang di lakukan Heru, untuk meninjau progres kegiatan tanam padi walaupun saat ini sedang musim kemarau.

Saat berada dilokasi, Heru berkesempatan untuk turut serta melakukan tanam bersama dan juga berdialog dengan petani.

Dulmuin sebagai petani menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan pompa yang telah diterima.

Lebih lanjut Dulmuin menyampaikan, dengan adanya pompa, panen yang semula hanya setahun sekali, saat ini bertambah menjadi 2 kali panen dan sedang proses 3 kali tanam.

Yusi Susanti selaku Koordinator penyuluh BPP kecamatan Cipocok Jaya menyampaikan bahwa dia sangat mendukung petani dalam kegiatan tanam PAT ini dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah memberikan bantuan perpompaan, karena dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan panen petani dari biasanya 1 tahun dengan 1 kali panen, saat ini meningkat menjadi 2 kali atau bahkan sampai 3 kali.

Heru menegaskan akan terus berupaya untuk mengatasi permasalahan petani, dan akan dilakukan komunikasi dengan unit kerja yang berwenang.

Heru berharap petani selalu semangat untuk menjaga pertumbuhan tanam dimusim kemarau dengan mengoptimalkan irigasi perpompaan.


Bagikan Artikel Ini