KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Hari Perkebunan ke-54 Memperebutkan “Plantation Cup 2011”.

Diposting     Kamis, 08 Desember 2011 11:12 pm    Oleh    ditjenbun



HARI PERKEBUNAN-Hari Perkebunan ke 54,  tanggal 10 Desember  2011, dimeriahkan dengan berbagai pertandingan olah raga antara lain badminton, tenis lapangan dan golf. Untuk olah raga tenis lapangan dan badminton Jum’at  (8/12) telah dimulai pertandingan  di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pertandingan ini diikuti oleh instansi terkait se-Kalimantan Tengah dan dari Ditjen Perkebunan.

Direktur Budidaya Tanaman Rempah dan Penyegar, yang diwakili oleh Kasubdit Identifikasi dan Pendayagunaan Sumber Daya ketika membuka pertandingan meyampaikan terima kasih kepada para peserta. Walaupun peserta belum begitu banyak, tapi cukup bangga, karena telah ikut berpartisipasi beberapa klub tenis dan badminton. Hal ini bisa dimaklumi, karena  menjelang akhir tahun ini banyak kesibukan dari setiap instansi. Mudah-mudahan, tahun-tahun akan datang banyak peserta, bukan hanya dari kalangan perusahaan dan instansi pemerintah, tapi juga dari kelompok-kelompok petani-pekebun, dan juga merubah atau mengurangi jumlah partai beregu yang dipertandingkan, harapan Direktur. Direktur menjelaskan bahwa Plantation Cup untuk cabang olah raga tenis lapangan dan badminton adalah salah satu kegiatan Pekan Perkebunan,  dalam rangka memperingati Hari Perkebunan ke 54, tahun 2011.

Acara puncak Hari Perkebunan tahun 2011 dilaksanakan Gedung Pertemuan Umum Tambun Bungai Palangkaraya tanggal 10 Desembar 2011. Sedangkan Pekan Perkebunan ini  diisi dengan berbagai kegiatan baik di pusat maupun daerah antara lain bhakti krida dan bhakti sosial berupa santunan kepada 54 anak yatim dan atau yatim piatu wilayah palangkaraya, Kalimantan Tengah, donor darah dan pelayanan kesehatan di Jakarta dan palangkaraya, bantuan komputer dan printer kepada Lembaga Mengakar Masyarakat Mandiri (LM3), bantuan biaya penelitian kepada 54 mahasiswa/i pertanian yang sedang melaksanakan tugas akhir di bidang perkebunan pada perguruan tinggi di Kalimantan, worksop/seminar Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan dengan Pemberdayaan Ekonomi Wilayah di Hotel Aquarius Palangkaraya, konferensi pers, publikasi dan dialog interaktif, pemberian penghargaan ini akan diberikan pada saat  acara puncak pada tanggal 10 desember 2011, pemenang lomba menggambar dengan tema “mencintai perkebunan” bagi pelajar SD, pemenang lomba mengarang dengan tema “pembangunan perkebunan berkelanjutan sebagai penggerak ekonomi wilayah” bagi pelajar SMP, pemenang lomba membuat poster  dengan tema “pembangunan perkebunan berkelanjutan sebagai penggerak ekonomi wilayah” bagi pelajar SMA, pemenang lomba membuat artikel di media cetak bagi wartawan dengan tema “pembangunan perkebunan berkelanjutan sebagai penggerak ekonomi wilayah” , petani, pengusaha, peneliti dan petugas pembina perkebunan yang memiliki komitmen dan integritas terhadap pembangunan perkembunan serta kepedulian terhadap pelestarianh lingkungan, satuan kerja dinas perkebunan terbaik tingkat Kabupaten, Gubernur/Bupati yang mempunyai komitmen untuk mendukung perkembangan perkebunan yang lestari dan stand terbaik pada pameran hari perkebunan ke-54.

Melalui berbagai kegiatan tersebut seperti pertandingan olah raga ini akan dapat terjalin silaturahmi dan komunikasi sesama  masyarakat perkebunan dan sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Melalui peringatan hari perkebunan yang akan diselenggarakan setiap tahun, diharapkan masyarakat dapat mewujudkan visi pembangunan perkebunan yaitu untuk kesejahteraan dan kemakmuran  bangsa.

Pekan perkebunan yang akan berlangsung dari tanggal 8 s/d 11 Desember 2011 akan mengikutsertakan berbagai lapisan masyarakat perkebunan, mulai dari petani, asosiasi, pengusaha, organisasi profesi dan pemerhati perkebunan. Melalui pekan perkebunan akan terbangun kebersamaan antar pelaku usaha perkebunan, sehingga kegiatan pembangunan perkebunan dapat terlaksana dengan baik dan lancar, jelas Direktur.


Bagikan Artikel Ini