KEMENTERIAN PERTANIAN
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Hari Kopi Nasional : Kopi Indonesia Siap Mendunia

Diposting     Kamis, 12 Maret 2020 03:03 pm    Oleh    ditjenbun



JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Setiap daerah memiliki cita rasa kopi yang berbeda ini karena faktor geografisnya yang menjadi salah satu daya jual di pasar dunia, karenanya Indonesia terbukti memiliki iklim yang ideal di setiap wilayahnya sehingga mudah sekali dikembangkan. Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2018 areal kopi nasional seluas 1,23 Juta Hektar dan produksi 717,9 Ribu ton dengan segi kepemilikan 96% perkebunan rakyat, sisanya 4% milik swasta dan PTPN.

Pada acara Hari Kopi Nasional yang diperingati setiap tanggal 11 maret setiap tahunnya, pada tahun 2020 ini acara Hari Kopi Nasional dilaksanakan di Auditorium Kementerian Pertanian (11/03/20) dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dengan dihadiri para pejabat Eselon 1 Kementerian Pertanian, Eselon 1 Badan Standarisasi Nasional, Dewan Kopi, seluruh pemangku kepentingan dibidang kopi dari mulai petani, swasta, dan eksportir.

Dalam hari kopi nasional tahun ini Menteri Pertanian menginginkan agar setiap pemerhati pertanian melakukan perhatian lebih kepada petani berupa pelatihan atau konsultasi pertanian agar petani indonesia bisa lebih baik hidupnya di masa yang akan datang. Menteri Pertanian juga mengungkapkan bahwa Hari Kopi tahun ini adalah bagian dari sebuah tekad dari sebuah komitmen dari sebuah tantangan besar Indonesia dan dunia.

Pada akhir sambutannya Menteri Pertanian mengajak Dewan Kopi Indonesia dan pemangku kepentingan dibidang kopi untuk membantu mempromosikan Kopi ke seluruh dunia. “Kita buat pak Sekjen, One Day With Indonesian Coffee And Fruits minimal pada 11 negara besar yang ada” ungkap Syahrul Yasin Limpo. “Menutup ini, ada impian-impian saya, tidak ada pompa bensin dan rest area tanpa kopi indonesia disitu, saya berharap tidak ada starbucks di Indonesia bahkan di dunia yang tanpa kontaminasi dengan kopi indonesia, mari kita pikirkan sama-sama, ini menjadi bagian dari Hari Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) yang besok membawa Indonesia akan lebih maju dari hari ini” lanjut Syahrul Yasin Limpo.

Hari Kopi Nasional tahun ini juga menghadirkan talk show seputar kopi di Indonesia, pendatanganan MoU  dan pemberian KUR kepada para petani kopi. Diharapkan dengan adanya Hari Kopi Nasional bisa menjadi momentum untuk bisa meningkatkan kualitas kopi Indonesia sehingga menjadi kopi Indonesia termasuk terbaik dunia dan tercapainya ekspor sampai 3 kali lipat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia.


Bagikan Artikel Ini  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *