karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan Nomor 23 Tahun 2019 Rekomendasi Teknis Impor Tembakau
  •   Kepmentan No 141 Tahun 2019 Jenis Komoditas Binaan
  •   Permentan No. 5 Tahun 2018 Tentang Pembukaan, pengolahan lahan tanpa membakar
Akses Pembiayaan Digital bagi Petani dalam Era REVO 4.0.
shadow

BOGOR - Kemenkominfo bekerjasama dengan IPB serta Kementerian pertanian meluncurkan buku yang berjudul Platform Agrifin 4.0. Bertempat di Savero Hotel Bogor tanggal 20 Maret 2019 telah diluncurkan buku yang berjudul “Platform Agfin 4.0” Sistem Pembiayaan untuk usaha mikro pertanian, yang disusun oleh Prof DR. Eriyanto dan DR. Lala M Kolopaking. Acara peluncuran dihadiri beberapa perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pertanian dan Guru Besar IPB, serta mahasiswa dan mahasiwi Pasca Sarjana IPB.

Buku tersebut membahas tentang sistem pembiayaan untuk usaha mikro pertanian. Di era digital 4.0 dimana segala aktivitas dilakukan dengan teknologi yang memudahkan masyarakat pada umumnya generasi milenial melakukan transaksi jual beli perdagangan dalam bentuk transaksi online.

Platform Agrifin 4.0 menawarkan alternatif sumber pembiayaan bagi petani untuk mengembangkan usahanya dan bisa mereduksi peran tengkulak/middle trader yg cenderung merugikan petani karena membeli harga produk pertanian/perkebunan dengan murah. AgFin 4.0 juga bisa berperan dalam meningkatkan posisi tawar petani/pekebun dengan pembeli/industri dan produk yang dihasilkan bisa bernilai tambah yang lebih tinggi.