karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 5 Tahun 2018 Tentang Pembukaan, pengolahan lahan tanpa membakar
  •   Nomor 1/Permentan/KB.120/1/2018 Tentang Pedoman Penetapan Harga TBS Pekebun
KEMENTAN : Penyerahan Benih Kelapa Dalam Unggul Lokal untuk kegiatan Pengembangan Kelapa di Sulut.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 321 kali

Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan melalui program penyediaan benih kelapa setengah jadi tahun 2017 siap tanam tahun 2018 di provinsi Sulawesi Utara sebagai salah satu penghasil kelapa selain 8 provinsi lainnya yakni Riau, Sumatera Barat, Jabar, Jateng, Sulawesi Utara, Sulteng, NTT, Maluku, Malut dan untuk penyediaan Benih Kelapa Flat tahun 2018 siap tanam 2018 ada di 9 provinsi (Riau, Jateng, Sulut, Sulsel, NTT, Malut, Sumut, Kaltara dan Bali)

Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara pada tgl 31 Mei 2018 telah melakukan penyerahan benih kelapa dalam yang telah disertifikasi dilokasi pembenihan yakni di desa Tara tara dua Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon.

Penyerahan benih kelapa dalam unggul lokal secara simbolis diserahkan dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan yang diwakili oleh Kasi Benih Tanaman Tahunan kepada Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kabid Tanaman Tahunan dan Penyegar, selanjutnya penyerahan benih kelapa dalam unggul lokal pada tahap pertama sejumlah 72.000 batang secara simbolis diserahkan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi kepada Kelompok Tani sebagai CP/CL penerima bantuan peremajaan kelapa di kabupaten Minahasa dan Minahasa Selatan.

Terdapat 8 kelompok Tani yg menerima bantuan ini yakni KT Deho, KT. Kartini, KT. Singkanaung, KT. Sumosor, KT. Pinaesaan, KT. Matuari I, KT. Karumama dan KT. Gotong Royong dengan total luasan areal peremajaan kelapa seluas 600 ha.

Melalui program penyediaan benih kelapa dalam unggul lokal ini diharapkan penyediaan benih guna mendukung kegiatan pengembangan perkebunan dapat lebih tepat waktu, terjamin mutunya dan lebih murah.