karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 5 Tahun 2018 Tentang Pembukaan, pengolahan lahan tanpa membakar
  •   Nomor 1/Permentan/KB.120/1/2018 Tentang Pedoman Penetapan Harga TBS Pekebun
KEMENTAN : PETANI TERUS BERUPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KAKAO.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 307 kali
shadow

SULTENG - Komitmen Nasional dan dukungan dari semua pihak menjadi poin penting dalam meningkatkan produktivitas kakao di Sulawesi Tengah khususnya dan Nasional pada umumnya menjadi catatan Dirjen Perkebunan pada Kunjungan Kerja Anggota Komisi IV DPR RI pada tanggal 19 s.d 23 Februari 2018 di Desa Sibowi Kec. Tanam Bulava Kab. Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian bersama rombongan Komisi IV DPR RI disambut Gubernur Sulawesi Tengah beserta jajarannya di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulteng.

“Prihatin dengan kondisi kakao di Desa Sibowi Kecamatan Tanam Bulava  Kabupaten Sigi akibat tingginya serangan Penggerek Buah Kakao (PBKO) dan Busuk Buah Kakao. Padahal mudah sekali pengendaliannya, hanya perlu pemangkasan secara kolektif, kompak dan komitmen bersama pekebun serta intensif,” demikian disampaikan  Ir. Bambang, MM, Direktur Jenderal Perkebunan pada kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (20/02/2018).

Bambang menambahkan, Kebutuhan kakao dunia terus meningkat setiap tahunnya. Para petani harus menangkap peluang ini dengan maksimal.

Ketua kelompok tani Harapan Jaya komoditas kakao Desa Sibowi Kec.Tanam Bulava Kab. Sigi, Sulawesi Tengah, berharap agar kebun kakao kelompoknya dilakukan peremajaan dan penambahan alat dan mesin pertanian  mengolah biji kakao untuk meningkatkan produksi