karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 5 Tahun 2018 Tentang Pembukaan, pengolahan lahan tanpa membakar
  •   Nomor 1/Permentan/KB.120/1/2018 Tentang Pedoman Penetapan Harga TBS Pekebun
Jatuh Hati pada Kelapa Pandan, Menteri Amran Minta Segera Dikembangkan.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 277 kali
shadow

RILIS.ID, Nunukan— Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, terkesima dengan salah satu komoditas unggulan Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Barat, kelapa pandan. Bahkan, menurut Menteri Amran, aroma kelapa tersebut tiada tandingan dibanding komoditas serupa di daerah lain.

"Kami carikan ini di Malaysia, kami cari ke Vietnam, rupanya ada di sini. Ini jauh lebih enak daripada kelapa Vietnam," katanya saat berdiskusi dengan petani Kecamatan Sebatik, Senin (23/10/2017).

Kala berdiskusi, sesekali Menteri Amran mencium aroma yang keluar. Kemudian mencicipinya. 

Menurutnya, tak ada yang menandingi kualitas kelapa pandan tersebut. Menteri Amran optimis, komoditas unggulan itu menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, baik ke pasar dalam negeri maupun diekspor, bila dikelola dengan baik.

Pertimbangannya, aromanya tiada tanding. Kemudian, hanya ada di Pulau Sebatik. "Kembangkan sebesar-besarnya. Saya ingin mendengar ini bisa masuk ke Singapura, Malaysia, mengalahkan kelapa yang dari Vietnam," pintanya.

Menteri Amran kemudian meminta Dinas Perkebuhan menggarap serius. Dia juga meminta segera dibudidayakan dan dikembangkan, sehingga ekspor bisa dilakukan secepat mungkin.

"Tolong bibitkan di sini, lalu dibeli oleh pemerintah. Lalu, bagikan ke masyarakat secara gratis," tutupnya.

 

Sumber: http://rilis.id/jatuh-hati-dengan-kelapa-pandan-menteri-amran-minta-segera-dikembangkan.html