karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 29/2016, Perubahan Permentan No. 98/2013 Pedoman Perizinan (Regulasi, Permentan)
  •   Alamat Produsen Benih Kelapa Sawit Tahun 2016 (Download di menu media, download)
KEMENTAN BANGKITKAN KEJAYAAN REMPAH INDONESIA.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 52 kali
shadow

AMBON - Menteri Pertanian (Mentan) kini sedang gencar mengembangkan komoditi perkebunan khususnya komoditi kopi dan rempah-rempah. Menteri Pertanian melaksanakan kunjungan kerja bersama dengan Direktur Jenderal Perkebunan dan instansi terkait berikut jajaran pejabat daerah dalam rangka Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia pada tanggal 4 oktober 2017 di Ambon. Mentan menargetkan dalam 10 (sepuluh) tahun ke depan, kejayaan rempah Nusantara terutama dari Maluku bisa terwujud.

Andi Amran Sulaiman mengatakan kepada kepala dinas terkait, agar mengalokasikan bantuan tersebut ke sejumlah daerah berdasarkan keunggulannya masing-masing. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, turut diberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor sebanyak 20 (dua puluh) unit.

Untuk mensejahterakan petani, pemerintah mendorong investor untuk datang dan membangun industri pengolahan sekaligus menjual produk jadi. Selain itu, Mentan juga mendorong pihak perguruan tinggi untuk ikut turut berpartisipasi pada kegiatan yang bertujuan mengembalikan kejayaan rempah nusantara. “Para akademisi diharapkan menjadi pendamping, agar implementasinya di lapangan berjalan optimal sedangkan jajaran Kodam XVI/Pattimura dan Polda Maluku dapat turut mengawal kegiatan tersebut, seperti penyaluran bantuan bibit agar tidak ada barang-barang palsu,” kata Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian pada rapat kerja dalam rangka Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia di Kantor Gubernur Maluku, Ambon.

Gubernur Maluku sangat menyambut baik dan mengapresiasi rencana Menteri Amran mengembalikan kejayaan rempah. "Semoga dengan gagasan Pak Menteri, rempah kembali dapat perhatian dan menjadi sumber kesejahteraan rakyat di negeri ini," ujarnya.

Pada acara tersebut, Menteri Pertanian bersama Direktur Jenderal Perkebunan dan Gubernur Maluku memberikan bantuan benih Rempah (pala dan cengkeh) kepada para petani dari 11 kabupaten/kota se-Maluku di Kota Ambon. Seusai acara raker tersebut, Direktur Jenderal Perkebunan, Sekretaris Ditjen Perkebunan dan Kepala Bagian Umum Ditjen Perkebunan meninjau Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Ambon. Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perkebunan berdiskusi dan memberikan arahan untuk Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Ambon, sekaligus meninjau rumah kaca pengujian kecambah di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Ambon.