karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 29/2016, Perubahan Permentan No. 98/2013 Pedoman Perizinan (Regulasi, Permentan)
  •   Alamat Produsen Benih Kelapa Sawit Tahun 2016 (Download di menu media, download)
Dirjen Perkebunan: Lombok Timur Percontohan Pola Kemitraan yang Baik Antara Perusahaan Dengan Petani.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 131 kali
shadow

Nusa Tenggara Barat – “Hari ini kita diperlihatkan sebuah kemitraan yang sangat baik antara perusahaan dengan petani di bawah fasilitasi, pengendalian dan pembinaan pemerintah daerah, “ kata Bambang, di Lombok Timur.

Apresiasi tersebut disampaikan ketika menjadi pembicara pada diskusi pertanian dan industri tembakau bersama para petani mitra dan Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo), di Desa Pijot Utara, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, 6 September 2017.

Perusahaan sebagai mitra petani, bukan hanya mengajari petani cara budidaya dan pascapanen. Tapi juga dari sisi kesehatan, perhatian terhadap anak, keselamatan kerja, dan peningkatan nilai-nilai ekonomi berbagai jenis komoditas pertanian.

Istri-istri petani tembakau diajarkan membuat kue, mengembangkan kreativitas seperti membuat selendang, dan kegiatan ekonomi produktif lainnya, sehingga petani tidak hanya berharap dari tembakau, tapi bisa menikmati hidup dari pendapatan lain atas pembinaan dari industri,” ucapnya.

Pola kemitraan ini adalah sebagai model kemitraan masa depan industri perkebunan Indonesia, sehingga petani sejahtera, perusahaan juga bisa menikmati pasokan bahan baku, ujarnya.

Pada kesempatan itu Dirjen Perkebunan, bersama Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti ikut menghadiri pula panen raya tembakau di Lahan mitra Sampoerna dan Bentoel Group, yang terletak di kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur.