karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 29/2016, Perubahan Permentan No. 98/2013 Pedoman Perizinan (Regulasi, Permentan)
  •   Alamat Produsen Benih Kelapa Sawit Tahun 2016 (Download di menu media, download)
Dirjen Perkebunan Hadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pale.
shadow

Sabtu (18/02), Direktur Jenderal Perkebunan Ir. Bambang, MM dan Direktur Perlindungan Perkebunan Drs. Dudi Gunadi, B. Sc, M. Si menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Halaman Griya Agung Palembang yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin, dengan diikuti sebanyak 1.350 orang personel yang terdiri dari berbagai unsur antara lain : TNI, POLRI, BPBD, Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan, Organisasi Kemasyarakatan, Masyarakat Peduli Api dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA). Hadir juga dalam apel siaga itu Kepala BNPB dan Kepala Staf Kepresidenan.

Apel Siaga ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapan personil dan peralatan pemadaman kebakaran dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan tahun 2017. Meningkatkan peran dan fungsi masing-masing stakeholder dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan serta mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan secara dini bersama-sama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Dalam Instruksinya Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin memerintahkan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan lebih diutamakan di lapangan dalam bentuk sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, penguatan kapasitas kelembagaan Desa Peduli Api, pembasahan gambut melalui pembuatan sekat kanal dan embung-embung air. Sejak 1 Februari 2017 Provinsi Sumatera Selatan telah ditetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

Dalam apel siaga ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan untuk bersinergi dalam pengendalian kebakaran antara GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Usai pelaksanaan Apel Siaga, Direktur Jenderal Perkebunan Ir. Bambang MM,  berbincang dengan regu pemadam kebakaran dari Perusahaan Perkebunan, dalam perbincangan tersebut, Ir. Bambang, MM mengapresiasi kesigapan regu pemadam kebakaran dalam melakukan pengendalian kebakaran lahan perkebunan