karet kakao sawit kelapa cengkeh lada teh kopi mete nilam tebu

Sekilas Info

  •   Permentan No. 29/2016, Perubahan Permentan No. 98/2013 Pedoman Perizinan (Regulasi, Permentan)
  •   Alamat Produsen Benih Kelapa Sawit Tahun 2016 (Download di menu media, download)
Tingkatkan Produksi Gula Melalui Varietas Tebu Unggul.
Diposting oleh: Administrator,  Kategori: Berita Utama,  Dibaca: 325 kali
shadow

Jombang, betaEnews.com – Untuk mencukupi kebutuhan gula di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya meningkatkan produksi gula. Salah satunya dengan membudidayakan tanaman tebu yang sehat, produktivitas tinggi. Mendukung hal ini, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (BBPPTP Surabaya) menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Gula PTPN X Jengkol – Kediri mengembangkan varietas tebu unggul harapan, perbenihan dan proteksi tanaman tebu.

Dalam rilis Biro Humas dan Informasi Publik Kementan disebut bahwa nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang ditandatangani Selasa (3/1/2017), oleh Kepala BBPPTP Surabaya, Ardi Praptono, SP dan Kepala Pusat Penelitian Gula PTPN X, Ir. Syahrial Koto itu dengan maksud mengoptimalksan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak dalam pengembangan varietas tebu unggul harapan, perbenihan dan proteksi tanaman tebu sehingga diharapkan dapat tersedianya benih tebu unggul yang adaptif sesuai lingkungan masing-masing secara lebih cepat, lebih efektif dan efisien.

Kedua belah pihak melaksanakan kerjasama dengan ruang lingkup pengembangan varietas tebu unggul harapan, perbenihan dan proteksi tanaman tebu khususnya, baik dalam bentuk koordinasi maupun kegiatan fisik di lapangan sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan.

Dalam kerjasama ini, BBPPTP Surabaya mempunyai kewajiban menyediakan tenaga pendampingan, melakukan uji kelayakan dan kesehatan kebun benih varietas tebu harapan yang sedang dikembangkan, memberikan rekomendasi terhadap varietas yang dianggap layak untuk dikembangkan lebih lanjut dan diusulkan kepada Tim Penilaian dan Pelepasan Varietas (TP2V) untuk menjadi varietas unggul/ benih bina, memberikan masukan, saran serta bimbingan dalam pelaksanaan kerjasama dan menyampaikan laporan pelaksanaan kerjasama kepada Pusat Penelitian Gula PTPN X.

Rencananya kerjasama ini akan berlangsung selama 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Diharapkan, BBPPTP Surabaya dan Pusat penelitian Gula PTPN X Jengkol Kediri mampu mewujudkan peran nyata dalam peningkatan produksi gula nasional melalui varietas tebu unggul dengan produktivitas tinggi. betaE1

Sumber: https://www.betaenews.com/Berita/PERTANIAN/Perkebunan/Tingkatkan-Produksi-Gula-Melalui-Varietas-Tebu-Unggul.html